Cara Menggunakan cPanel Untuk Mengelola Website

  • Bagikan
Cara Menggunakan cPanel Untuk Mengelola Website

Blog.okecloud.id – cPanel adalah pilihan terbaik untuk kebanyakan jenis hosting yaitu. Hosting bersama, hosting VPS, hosting cloud, dl dan sebagainya. CPanel adalah antarmuka berbasis web, kerangka kerja administrasi yang memungkinkan Anda menangani semua situs dan menghosting permintaan terkait dengan mudah.

Mengelola Website Dengan Menggunakan cPanel

Pada artikel ini, kami akan memperkenalkan Anda dengan cPanel dan menginformasikan 5 tips menggunakan cPanel untuk mengelola web Anda. Namun, sebelum membahasa tips cara menggunkan cPanel, alangkah baiknya kita mengetahui apa yang dimaksud dengan cPanel.

Apa itu cPanel?

cPanel adalah panel kontrol berbasis web yang memungkinkan Anda dengan mudah menangani dan memfasilitasi situs web Ini memiliki perspektif grafis dan visual untuk membantu Anda menjelajahi satu fungsi ke fungsi lainnya.

Jika Anda seorang pemula dan ingin melihat bagaimana menggunakan cPanel agar dapat berfungsi baik untuk website, Anda bisa membaca artikel ini dengan saksama.

Cara Menggunakan cPanel Untuk Mengelola Website

5 cara menggunakan Cpanel untuk situs web

1. Instalasi aplikasi yang mudah

Penginstal otomatis adalah cara cepat dan mudah untuk menginstal aplikasi di situs web atau akun hosting Anda. Berbagai program instalasi otomatis tersedia seperti Softaculous, Installatron, QuickInstall dll.

Melalui cloud hosting kami menyediakan QuickInstall, penginstal otomatis populer yang sudah terintegrasi sebelumnya dengan cPanel. Ini mendukung banyak aplikasi, tema, dan layanan untuk menjaga situs web Anda tetap terlihat profesional.

2. Perbarui versi PHP Anda

Versi PHP yang digunakan oleh situs web Anda akan terpengaruh saat dimuat ke browser pengguna. Jika versi PHP Anda tidak kompatibel dengan versi PHP tamu, ini dapat menyebabkan masalah, misalnya, Anda mungkin mengalami masalah kinerja, kerentanan keamanan, dll. Jadi, penting untuk selalu memperbarui PHP. Versi PHP 7.3 saat ini dikatakan sebagai yang terbaik karena sangat meningkatkan kecepatan memuat halaman web.

Jika Anda tidak tahu cara mengupdate versi PHP Anda di cPanel, jangan khawatir, ini proses yang sederhana. Silakan klik disini dan versi PHP Anda akan diperbarui dalam beberapa menit.

Sebagai pemilik situs web, jika Anda memiliki situs WordPress, pastikan Anda memperbarui ke versi 7.3 dan setidaknya 5.6.20+, meskipun WordPress tidak merekomendasikannya.

3. Periksa kinerja server

Sangat penting untuk memastikan bahwa server memiliki cukup ruang untuk pengoperasian normal sumber daya situs. Selain itu, ini juga memeriksa kinerja server dari waktu ke waktu untuk membantu Anda menganalisis jika Anda perlu memutakhirkan host Anda.

Di cPanel, klik “Server Info”, lalu Anda dapat memeriksa memori CPU, penggunaan file dan disk, manajemen sumber daya, dll.

Sebagai pemilik situs web, perubahan ini dimungkinkan karena Anda menganalisis kinerja server. Saat kinerja situs Anda meningkat, hal itu pada akhirnya akan menghasilkan pelanggan yang lebih bahagia.

4. Analisis bawaan

Ada banyak alat analisis yang ada di pasaran saat ini, yaitu. Google Analytics, KISSmetrics, CrazyEgg, dll. Meskipun hebat, tidak semua orang tertarik melakukan analisis awal. Namun, memiliki analitik adalah pilihan yang baik, dan Anda dapat mulai dengan sistem analitik bawaan.

AWStats (Advanced Web Statistics) adalah alat analitik sumber terbuka yang disertakan dengan cPanel yang menyediakan data tentang sumber lalu lintas, lalu lintas dan bahkan jenis lalu lintas, sistem operasi pengunjung, informasi browser, kode HTTP, dll.

Jika Anda adalah pemilik situs web, analisis lalu lintas situs web dapat memberikan informasi yang bagus dan membantu Anda memahami bagaimana bisnis Anda berjalan. AWStats adalah salah satu alat terbaik untuk pemula.

5. Manajemen file

Mengelola file situs web bisa jadi sulit, terutama jika Anda tidak terbiasa dengannya. Dengan menggunakan cPanel file manager cPanel, Anda dapat dengan mudah mengupload file ke server. Anda dapat mengupload satu file atau mengompres beberapa file dan mengupload.

Sebagai pemilik situs web, Anda tidak perlu khawatir tentang pengunggahan FTP sekarang.

Kesimpulan

Kami berharap dengan5 cara menggunakan Cpanel untuk situs web, pengelolaan website menjadi lebih mudah dan anda dapat berkonsentrasi pada bisnis anda tanpa terlalu mengkhawatirkan detail teknisnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *