Perbandingan WordPress.com dan WordPress.org

  • Bagikan
WordPress.com dan WordPress.org3

Blog.okecloud.id – Jika Anda baru mengenal bidang WordPress, Anda mungkin bertanya-tanya apa Perbandingan WordPress.com dan WordPress.org.

WordPress.com adalah platform all-in-one “buat situs web Anda sendiri”. Gratis untuk memulai, dan Anda tidak memerlukan hosting eksternal atau nama domain eksternal. Yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi WordPress.com, mendaftar untuk sebuah akun, dan kemudian Anda dapat segera mulai membangun situs web atau blog Anda.

WordPress.org adalah perangkat lunak situs web open source-sistem operasi untuk situs web atau blog Anda. Perangkat lunak itu sendiri tidak memerlukan biaya apa pun, tetapi Anda harus memiliki akun hosting (server web) untuk menggunakannya, yang biasanya memiliki label harga.

Kedua platform bekerja sangat mirip dan memungkinkan sebagian besar tingkat penyesuaian yang sama.

Baca juga: Cara Menyesuaikan WordPress Anda Dengan Mudah

Perbandingan WordPress.com dan WordPress.org

Perbandingan WordPress.com dan WordPress.org secara terperinci

1. Perbandingan biaya-mana yang lebih murah

Perbandingan WordPress.com dan WordPress.org. Mari kita cari tahu biaya sebenarnya untuk membangun situs web di setiap platform. Jika Anda hanya ingin memulai dengan situs web pribadi dasar,

Secara lebih rinci.

  • WordPress.com lebih murah Dalam kasus lain, WordPress.org akan lebih murah dan nilai uang secara keseluruhan lebih baik.

2. Proses setup-mana yang lebih mudah

Perbandingan WordPress.com dan WordPress.org.Anda tidak harus paham teknologi untuk menyiapkan WordPress. Ini adalah proses langkah demi langkah yang relatif sederhana.

Secara lebih rinci.

  • WordPress.com. Platform ini dirancang untuk membuat proses penyiapan sesederhana mungkin.

3. Jumlah tema-mana yang lebih bisa dikustomisasi

Perbandingan WordPress.com dan WordPress.org. Tema adalah paket desain all-in-one untuk situs web WordPress. Anda dapat menginstalnya hanya dengan beberapa klik.

Secara lebih rinci.

  • WordPress.org. Ada ribuan tema yang tersedia secara online.

4. Jumlah plug-in-mana yang lebih fleksibel?

Plugin adalah paket perangkat lunak yang dapat diinstal yang memperluas set fitur default situs WordPress.

Secara lebih rinci.

  • WordPress.org. Tanpa pembayaran tambahan, Anda dapat memilih dari puluhan ribu plugin-termasuk plugin gratis dan berbayar.

5. Opsi khusus

Di balik layar, WordPress.com dan WordPress.org keduanya menjalankan perangkat lunak WordPress asli perangkat lunak yang sama. Namun, ada beberapa perbedaan dalam pembatasan.

Secara lebih rinci.

  • WordPress.org. Anda tidak dibatasi dengan cara apa pun.

6. Dukungan/Bantuan tersedia

Dukungan pelanggan sangat penting, untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan dan Anda membutuhkan bantuan segera.

Mari kita lihat opsi dukungan apa yang harus disediakan oleh platform WordPress Secara lebih rinci.

  • Kami masih harus memberikan ini ke WordPress.com mengingat WordPress.org tidak memiliki dukungan resmi sama sekali, hanya host pihak ketiga.

7. Pemeliharaan

Memelihara situs web bisa jadi merepotkan, terutama bagi orang yang baru memulai. Karena itu, mari kita lihat perbedaan antara WordPress.com dan WordPress.org dalam hal ini.

Secara lebih rinci.

  • WordPress.com. Dalam hal perawatan, Anda tidak perlu melakukan apa pun. Hal yang sama berlaku untuk keamanan dan cadangan.

8. Opsi monetisasi

Terakhir, mari kita lihat opsi monetisasi yang harus disediakan WordPress.

Secara lebih rinci.

  • WordPress.org. Saat menjalankan perangkat lunak WordPress.org, Anda dapat melakukan apa pun yang Anda inginkan dalam hal monetisasi.

Berikut adalah beberapa poin yang dapat membantu Anda memutuskan:

Jika Anda hanya ingin memulai proyek pribadi, baik untuk pengujian, berbagi ide, situs web hobi, dll., Anda dapat melakukannya di WordPress.com. Anda dapat memulai secara gratis, penyiapannya sederhana, dan tidak perlu khawatir tentang pemeliharaan.

Jika Anda ingin meluncurkan situs web yang lebih serius, apakah itu situs web bisnis, situs web proyek, atau proyek blog profesional Anda dapat melakukannya di perangkat lunak WordPress.org.

Jika Anda ingin memonetisasi situs web Anda dengan cara apa pun, atau Anda menginginkan kemungkinan penyesuaian yang tidak terbatas, ini juga merupakan pilihan Anda.

Kesimpulan

Seperti yang Anda lihat, perbandingan WordPress.com dan WordPress.org memiliki pro dan kontra, dan tidak ada pemenang yang jelas. Itu semua tergantung pada harapan Anda terhadap platform situs web, anggaran Anda, dan jenis situs web yang ingin Anda luncurkan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *